Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanyol Usul Pemilu Mesir Dipercepat

Kompas.com - 07/02/2011, 12:59 WIB

MADRID, KOMPAS.com — Para penguasa Mesir sebaiknya menenangkan demonstran oposisi yang mendesak pengunduran diri Presiden Hosni Mubarak dengan meminta pemilihan presiden dipercepat, kata Menteri Luar Negeri Spanyol Trinidad Jimenez dalam komentar yang dipublikasikan pada Minggu (6/2/2011).

"Mesir dapat menemukan cara untuk menjawab aspirasi sah rakyatnya jika pemerintah membuat isyarat dan memajukan ke bulan Juni pemilihan yang telah dijadwalkan pada September", ujarnya kepada harian Spanyol, El Mundo.

Mubarak telah mengatakan tidak akan mencalonkan diri untuk dipilih lagi. Namun, sejauh ini ia menolak permintaan untuk mundur dengan segera dengan mengatakan ia merasa harus bertahan hingga pemilihan presiden pada September mendatang guna menjamin stabilitas. Presiden berusia 82 tahun itu telah memerintah Mesir selama 30 tahun.

"Mesir adalah negara yang lebih besar dan lebih kompleks sehingga harus lebih keras untuk mencapai perjanjian ketimbang di Tunisia," katanya.

Para penentang pemerintahan Mubarak telah mengadakan pembicaraan dengan Wakil Presiden Omar Suleiman, Minggu, tetapi meremehkan hasil perundingan itu. Pihak oposisi tetap menuntut Presiden Mubarak mundur. Ribuan demonstran anti-pemerintah juga masih menduduki Alun-alun Tahrir yang menjadi simbol tempat perlawanan di pusat Kairo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com