Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

31 Warga Korut Mungkin Membelot Korsel

Kompas.com - 07/02/2011, 10:00 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Sebanyak 31 warga Korea Utara telah melintasi perbatasan Laut Kuning dengan perahu dan tiba di sebuah pulau garis depan Korea Selatan dalam tindakan yang mungkin merupakan pembelotan, demikian menurut sejumlah laporan, Senin (7/2/2011).

Sebanyak 11 pria dan 20 wanita itu tiba pada Sabtu di Pulau Yeonpyeong menggunakan sebuah kapal penangkap ikan yang kemudian ditarik ke pelabuhan kota Incheon, kata satu sumber sebagaimana dikutip kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap. Surat kabar Dong-A Ilbo mengangkat laporan yang sama.

Para pejabat militer dan intelijen telah menginterogasi mereka mengenai bagaimana mereka melintasi perbatasan laut itu, kata sumber tersebut. Mereka menambahkan, orang-orang Korea Utara (Korut) itu merupakan satu kelompok kerja dan bukan anggota-anggota sebuah keluarga.

Seorang pejabat militer memberi tahu Yonhap dengan tanpa menyebut nama bahwa para penyelidik juga memperkirakan kemungkinan bahwa orang-orang Korut itu tiba di pulau tersebut setelah kapal mereka hanyut ditiup angin.

Ketegangan lintas perbatasan meningkat sejak Korut menyerang Pulau Yeonpyeong, November lalu, yang menewaskan dua warga sipil dan dua marinir Korsel. Pada 25 Desember, seorang warga Korut melintasi perbatasan Laut Kuning dengan kapal dan mendarat di Baengnyeong, pulau lain di garis depan. Bulan lalu ia diperbolehkan kembali ke Korut setelah menyampaikan keinginan untuk pulang. Lebih dari 20.000 warga Korut tiba di Korsel sejak berakhirnya perang 1950-53, sebagian besar melalui China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com