Minggu, Perekonomian Hidup Lagi

Kompas.com - 05/02/2011, 18:16 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Salah satu catatan yang mengemuka dari hasil sidang kabinet Presiden Mesir Hosni Mubarak adalah rencana menghidupkan kembali perekonomian. Warta AP dan AFP pada Sabtu (5/2/2011) menunjukkan, pemerintah bakal membuka kembali bank-bank pada Minggu (6/2/2011). Kemudian, sehari setelah itu, giliran pasar saham yang beroperasi kembali.

Bank dan pasar saham ditutup selama berhari-hari serta banyak pabrik di kota-kota besar tidak beroperasi hingga kini lantaran maraknya unjuk rasa. "Situasi perekonomian kami memang sangat buruk saat ini," kata Menteri Keuangan Samir Radwan seusai sidang tersebut, yang juga dihadiri oleh perdana menteri, menteri perminyakan, menteri perdagangan, dan gubernur bank sentral.

Para analis mengatakan, demonstrasi rakyat di Mesir menimbulkan kerugian terhadap negara itu setidaknya 310 juta dollar AS per hari.

Para pengunjuk rasa masih bertahan di Lapangan Tahrir di pusat kota Kairo menyusul rapat umum besar hari Jumat yang menuntut pengunduran diri Mubarak. Pada Sabtu ada laporan mengenai ledakan di pipa gas yang menyalurkan pasokan ke Israel dan Jordania. Ledakan ini menyebabkan kebakaran di dekat el-Arish, demikian laporan televisi negara.

Sebelumnya Mubarak mengatakan tidak akan mencalonkan diri pada pemilihan September, namun menekankan dia harus tetap di kursi presiden untuk mencegah kekacauan di negara itu. Sementara para demonstran menuntut supaya dia segera meletakkan jabatan.

Kelumpuhan yang disebabkan aksi protes menimbulkan dampak yang sangat besar terhadap perekonomian. Para wisatawan takut berkunjung dan harga barang-barang pokok, seperti rokok dan roti, meroket.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.