Mesir Mohon Maaf atas Perlakukan Kasar

Kompas.com - 05/02/2011, 10:54 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Mesir Samir Radwan, Jumat (4/2/2011), meminta maaf kepada wartawan atau demonstran Mesir yang mendapat "perlakuan kasar" dari pasukan pemerintah.

"Saya meminta maaf kepada setiap wartawan atau orang asing atau siapa pun warga Mesir yang dalam hal ini telah mengalami perlakuan kasar," kata menteri yang baru diangkat dalam sebuah wawancara dengan jaringan televisi CNN. "Saya bertanya dan saya diberitahu bahwa tidak ada toleransi, tidak toleransi dari pemerintahan ini terhadap serangan terhadap orang asing, apalagi wartawan yang kami harapkan mereka berada di pihak kami, untuk melihat situasi ini dan menyampaikan gambaran yang jauh lebih baik kepada dunia luar," katanya.

Radwan mengakui, para demonstran dalam aksi besar-besaran selama beberapa hari terakhir menyuarakan "tuntutan yang adil". "Mereka berbicara tentang pekerjaan. Mereka berbicara tentang korupsi. Mereka berbicara tentang, Anda tahu, kebebasan dan seterusnya. Sekarang faktanya adalah bahwa ada agenda politik lain yang mengganggu situasi dan sayangnya pada hari Rabu situasi berubah sedikit buruk."

Bentrokan menewaskan sedikitnya delapan orang dan lebih dari 800 terluka pada hari Rabu dan Kamis. Menurut perkiraan PBB, lebih dari 300 orang telah tewas sejak aksi protes di Mesir itu dimulai.

Presiden Mesir Hosni Mubarak, yang jadi sasaran kebencian massa, sementara itu tidak menunjukkan tanda-tanda akan segera mundur. "Hari Kepergian", Jumat, menarik puluhan ribu orang yang menentang kekuasannya yang telah berlangsung 30 tahun dan desakan internasional agar dia segara turun pun mengalir. Presiden AS Barack Obama telah mengisyaratkan bahwa Mubarak harus mengundurkan diri dengan mengatakan seorang "patriot" harus "mendengarkan apa yang disuarakan rakyatnya," sedangkan para pemimpin Uni Eropa dengan jelas mengatakan, sudah waktunya untuk perubahan bagi Mesir.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X