60 Ikan Paus Bunuh Diri, Satu Bayi Paus

Kompas.com - 04/02/2011, 21:34 WIB
EditorBenny N Joewono

NELSON, KOMPAS.com — Sebanyak 60 ikan paus telah terdampar di Pantai Golden Bay, tepi Pulau Selandia Baru Selatan, demikian menurut pejabat konservasi pada Jumat (4/2/2011).

Satu bayi ikan paus telah mati dan paus yang lain pun dicemaskan turut menyusulnya karena tidak dapat segera dikembalikan ke laut.

Terdamparnya paus tersebut terjadi pada sore hari di Farewell Spit yang terletak sekitar 150 kilometer di barat kota wisata Nelson.

"Sekitar 100 petugas Departemen Konservasi berupaya agar sejumlah ikan paus tersebut tetap merasa sejuk pada siang yang terik," kata juru bicara Trish Grant.

Waktu air laut pasang selanjutnya adalah sekitar tengah malam, namun akan sangat berbahaya untuk membebaskan paus kembali dan para petugas akan menunggu hingga pagi untuk memberikan upaya penyelamatan.

Kejadian terdamparnya ikan paus di kawasan itu merupakan hal yang tidak biasa, dan Grant berharap agar beberapa paus tersebut dapat diselamatkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.