Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Raksasa Hantam Daratan Australia

Kompas.com - 02/02/2011, 21:36 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Sesuai perkiraan, topan monster Yasi mulai menghantam wilayah daratan negara bagian Queensland, Kamis (3/2/2011) dini hari waktu setempat. Topan raksasa yang masuk kategori lima membawa angin berkekuatan sangat besar yang akan merusak daerah yang dilaluinya.

Badan Meteorologi Australia menyatakan, pusat pusaran topan mulai bergerak dari daerah Mission Beach di pantai timur laut Queensland antara wilayah Innisfail dan Cardwell. Topan tersebut diperkirakan akan menerjang daratan hingga sejauh 1000 kilometer selama tiga hari sebelum nantinya melemah.

Puluhan kota dan desa bakal dilalui topan raksasa yang menghembuskan angin hingga kecepatan 300 kilometer perjam. Atap rumah bakal beterbangan dan berpotensi mengancam nyawa manusia. Lahan-lahan pertanian dan tambang diperkirakan bakal menjadi korban keganasan topan ini.

Sebelumnya, pemerintah setempat telah menyerukan kepada seluruh penduduk untuk waspada dan tidak perlu panik saat topan melewati daerahnya. Sebisa mungkin penduduk berlindung di lokasi teraman di sekitar rumah dan tidak keluar saat topan menerjang.

Topan Yasi merupakan siklon atau badai tropis terburuk di wilayah Queensland dalam seabad terakhir. Topan berkekuatan lima atau maksimal terakhir kali menerjang kawasan tersebut tahun 1918. Kekuatan Yadi setara dengan Badai Katrina yang sempat meluluhlantakkan wilayah New Orleans, AS, tahun 2005.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com