Evakuasi WNI, 9 Hercules Disiapkan

Kompas.com - 02/02/2011, 12:02 WIB
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyiapkan sembilan unit pesawat Hercules untuk membantu pemulangan warga negara Indonesia di Mesir. Namun, kesembilan Hercules tersebut belum digunakan dengan pertimbangan efisiensi dan efektifitas. Boeing 747 dinilai lebih efektif dalam mengevakuasi.

"Hercules hanya mampu mengangkut sekitar 120 orang sedangkan Boeing 747 bisa angkut 420. Artinya hampir 3 kali lipat dari kemampuan Hercules. Mungkin penggunaan bahan bakarnya akan lebih efisien dan murah Garuda," ujar Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono sebelum menghadiri rapat dengan Komisi I di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/2/2011).

Dikatakan Agus, TNI akan selalu siap membantu kelancaran evakuasi WNI jika dibutuhkan. Hingga kini, TNI telah menerjunkan lima personel membantu Satgas evakuasi di Mesir yang dipimpin Hassan Wirajuda.

"Pertama, membantu kelancaran evakuasi. Kedua, menganalisis perkembangan dan kebutuhan evakuasi berikutnya. Dan kebutuhan logistik manakala dibutuhkan," kata Agus.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Indonesia telah membentuk Satgas dalam upaya mengevakuasi 6.100 WNI di Mesir. Siang ini, sekitar 415 WNI dari Mesir. rencananya tiba di Indonesia. Pemerintah telah mengerahkan dua boeing 747-400 dan sebuah Airbus 320 untuk evakuasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.