Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Picu Evakuasi 64.500 Warga China

Kompas.com - 02/02/2011, 11:57 WIB

BEIJING, KOMPAS.com -  Pihak berwenang China telah mengevakuasi 64.500 orang dari rumah mereka di daerah terpencil di baratdaya negara itu setelah gempa yang merusak ratusan rumah, lapor media pemerintah, Rabu (2/2/2011).

Gempa berkuatan 4,8 skala Richter mengguncang daerah perbatasan Propinsi Yunnan setelah pukul 03.00 waktu setempat (atau 14.00 WIB) pada hari Selasa, demikian menurut US Geological Survey.

Sebanyak 678 rumah rusak, tetapi hanya satu yang runtuh, lapor kantor berita China, Xinhua. Tidak ada korban dilaporkan dalam gempa yang terjadi di prefektur Dehong, sebuah wilayah perbukitan di sepanjang perbatasan China dengan Myanmar.

Gempa itu memaksa evakuasi darurat terhadap 64.500 orang pada Selasa malam, kata Xinhua yang mengutip para pejabat daerah. Pemerintah daerah juga mengirimkan bantuan darurat berupa tenda, selimut, jaket dan beras ke daerah tersebut.

Gempa itu melanda saat keluarga-keluarga di seluruh negara berpenduduk 1,3 miliar orang itu berkumpul di rumah mereka untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com