Gempa Picu Evakuasi 64.500 Warga China

Kompas.com - 02/02/2011, 11:57 WIB
EditorEgidius Patnistik

BEIJING, KOMPAS.com -  Pihak berwenang China telah mengevakuasi 64.500 orang dari rumah mereka di daerah terpencil di baratdaya negara itu setelah gempa yang merusak ratusan rumah, lapor media pemerintah, Rabu (2/2/2011).

Gempa berkuatan 4,8 skala Richter mengguncang daerah perbatasan Propinsi Yunnan setelah pukul 03.00 waktu setempat (atau 14.00 WIB) pada hari Selasa, demikian menurut US Geological Survey.

Sebanyak 678 rumah rusak, tetapi hanya satu yang runtuh, lapor kantor berita China, Xinhua. Tidak ada korban dilaporkan dalam gempa yang terjadi di prefektur Dehong, sebuah wilayah perbukitan di sepanjang perbatasan China dengan Myanmar.

Gempa itu memaksa evakuasi darurat terhadap 64.500 orang pada Selasa malam, kata Xinhua yang mengutip para pejabat daerah. Pemerintah daerah juga mengirimkan bantuan darurat berupa tenda, selimut, jaket dan beras ke daerah tersebut.

Gempa itu melanda saat keluarga-keluarga di seluruh negara berpenduduk 1,3 miliar orang itu berkumpul di rumah mereka untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.