Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Silakan Menjemput di Asrama Haji!

Kompas.com - 02/02/2011, 00:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Para WNI yang dievakuasi dari Mesir bakal mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (2/2/2011) pukul 11.00 WIB. Informasi yang diperoleh dari Kementerian Luar Negeri pada Selasa (1/2/2011) malam juga menunjukkan, para WNI akan menggunakan fasilitas Terminal Haji, termasuk untuk proses keimigrasian serta bea dan cukai. Para penumpang kemudian akan langsung ditransfer dari Terminal Haji ke Asrama Haji Pondok Gede dengan menggunakan bus yang disiapkan.

Sebelumnya, pada Selasa malam, WNI bersama tim evakuasi tersebut menggunakan pesawat Boeing 747-400 Garuda Indonesia penerbangan khusus yang rencananya akan diberangkatkan dari Kairo pukul 22.00 waktu setempat. Ada sekitar 400 WNI yang dievakuasi menggunakan pesawat ini, sebagaimana diwartakan sebelumnya, seturut informasi pihak KBRI di Kairo. Jumlah ini merupakan prioritas evakuasi.  

Pihak Kemlu juga mengimbau para keluarga dan kerabat yang akan menyambut kedatangan WNI yang dievakuasi dari Mesir, dianjurkan untuk menyambut di Asrama Haji Pondok Gede dan tidak melakukan penyambutan di Terminal Haji, Bandara Soekarno-Hatta.     

Evakuasi WNI ini dipicu oleh ketegangan politik yang semakin memanas di Mesir sejak 25 Januari 2011.    

Sebanyak 5.000 WNI saat ini berada di Mesir, yang sebagian besar adalah mahasiswa. Mereka umumnya bertempat tinggal di luar kota-kota besar.     

Sejumlah negara berencana mengevakuasi para warganya ke luar Mesir yang sepekan terakhir dilanda aksi huru-hara yang merenggut lebih dari 100 nyawa dan melukai ribuan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com