Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klenteng Hok Tik Bio Purwokerto Dibenahi

Kompas.com - 01/02/2011, 18:08 WIB

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sejumlah warga Tionghoa membenahi sarana peribadatan di Kelenteng Hok Tik Bio Purwokerto, Jawa Tengah, untuk persiapan menyambut Tahun Baru Imlek 2562.

"Kegiatan ini sebenarnya telah dilakukan sejak 27 Januari," kata Sekretaris Kelenten Hok Tik Bio Purwokerto, Maryati alias Ho Mei Lian, di Purwokerto, Selasa (1/2/2011).

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan antara lain pencucian sejumlah peralatan ibadah dan pengecatan ulang ornamen maupun dinding kelenteng.

Peribadatan menyambut tahun baru Imlek di Kelenteng Hok Tik Bio Purwokerto akan dilaksanakan pada Rabu (2/2/2011) malam yang dipimpin pemuka agama Kong Hu Cu.

"Sebelum peribadatan dimulai, pada Rabu sore akan dilakukan penyalaan ratusan lilin di sekitar 10 altar. Tepat tengah malam, akan dilakukan doa malam pergantian tahun," katanya.

Menurut dia, lilin yang dinyalakan ini terdiri berbagai ukuran, mulai dari satu kati (satu kati enam ons, red.) hingga 200 kati.

Pada hari pertama Tahun Baru Imlek 2562, Kamis (3/2), akan diadakan doa bersama yang diikuti ratusan warga Tionghoa dari pagi hingga malam hari.

Selain kegiatan peribadatan, Kelenteng Hok Tik Bio juga akan membagikan paket sembako yang berisi beras, kue keranjang dan angpau (uang) bagi warga Tionghoa miskin.

"Pembagian paket sembako ini akan dilaksanakan sebelum perayaan Cap Go Meh," katanya.

Kegiatan yang sama juga dilakukan di Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2562.

Ketua Kelenteng Boen Tek Bio Bambang Setianto mengatakan, kegiatan tersebut antara lain memandikan patung-patung para suci, membersihkan peralatan sembayang, serta memasang lampion dan lilin.

Saat ini sudah ada sekitar 250 lilin dan lampion dari umat Tri Dharma. "Lilin dan lampion merupakan perlambang agar dalam kehidupannya setahun mendatang mendapat penerangan dalam melangkah. Mereka sengaja mengirimkan ke kelenteng untuk dipasang di sini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com