Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gudeg Kendil Yu Djum, Hmm...

Kompas.com - 01/02/2011, 08:13 WIB

KOMPAS.com - Yogyakarta terkenal dengan sebutan Kota Gudeg, karena memang makanan khas Yogyakarta ini dan paling terkenal adalah gudeg. Nah mendapat informasi dari seorang teman, kami akan diantar ke pusat penjual gudeg, yaitu di sepanjang Jalan Wijilan Yogyakarta. Masih menurut teman saya kami langsung diantar ke penjual gudeg yang katanya paling top dan enak yaitu ke tempat Gudeg Kendil Yu Djum.

Gudeg Kendil Yu Djum ini sudah cukup terkenal dan selain pelanggan yang ingin membeli sebagai oleh-oleh, banyak juga pelanggan yang langsung makan di tempat, memang ukuran tempat makannya tidak terlalu besar, dengan model lesehan di tempat Yu Djum ini bisa menampung kira-kira 15 orang saja.

Buka mulai jam 06.00 sampai 22.00 menu yang ditawarkan cukup beragam, ada gudeg nasi telur dan ada juga yang dengan kendil/besek, karena kami baru saja makan soto kadipiro, maka kami membeli gudeg buat di bawa pulang saja. Menurut penjualnya, Gudeg Yu Djum bisa bertahan sampai 2 hari, dan kalau mau di makan sebaiknya dihangatkan dengan cara dikukus.

Setelah sampai di Jakarta, kami pun langsung mencicipi gudeg ini, ternyata gudeg ini modelnya gudeg kering, dengan wadah berbentuk kendil dengan susunan 1 ekor ayam diatasnya. Menurut kami gudeg yu djum ini enak, gudeg dan kreceknya enak, daging ayamnya juga empuk. Anda sudah pernah coba gudeg Yu Djum ini? (Yudi)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com