Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soto Ayam Loso Khas Purwokerto

Kompas.com - 31/01/2011, 08:13 WIB

KOMPAS.com - Kota Purwokerto banyak sekali memiliki warisan kuliner yang enak dan di kota ini terdapat beberapa penjual soto yang enak dan cukup terkenal. Nah salah satu yang sangat terkenal disini adalah “Soto Ayam Jalan Bank H. Loso”. Soto yang sangat legendaris, pelanggannya pun banyak sekali mulai dari artis hinga pejabat negara seperti Ibu Megawati Soekarnoputri, Bapak Amien Rais dan terakhir Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hayo, siapa yang tidak penasaran dengan rasanya? Bahkan presiden saja mau mencicipinya. Makanya hari ini saya mau mencobanya.

Soto H. Loso ini memang khas kota Purwokerto, memiliki paduan rasa yang pas antara asin dan manis, dan ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Sotonya berisi suwiran ayam kampung, ketupat, tauge, kerupuk mie, kerupuk warna, ditambah dengan daun bawang dan terakhir ditaburi dengan bawang goreng.

Mantap ya isinya he-he... apalagi ditambah dengan sambalnya. Sambal yang digunakan disini adalah sambal kacang ... pokoknya jos gandos deh! Rasa kuahnya lezat sekali, nikmat banget dan harganya juga terjangkau. Memang soto ini porsinya tidak terlalu besar, tapi cukup mengenyangkan juga kok.

Setiap harinya Soto Jalan Bank H. Loso bisa menjual 700 - 1.000 porsi lho, kalau weekend banyak juga pelanggan dari luar kota yang mampir dan banyak juga pejabat daerah yang sering makan disini. Soto Jalan Bank H. Loso juga sering melayani pesanan untuk acara-acara penting di Purwokerto. (Yudi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com