Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Luar Jangan Ikut Campur

Kompas.com - 31/01/2011, 07:54 WIB

DAVOS, KOMPAS.com - Sementara politisi mempertimbangkan krisis di Mesir, para ahli internasional di Davos, Swiss, mengatakan bahwa dunia luar harus bertindak hati-hati dan membiarkan warga Mesir memutuskan masa depan mereka sendiri.

Mantan Presiden Meksiko Ernesto Zedillo, yang kini memimpin Pusat Kajian Globalisasi Universitas Yale, mengatakan, salah satu prinsip utama hukum internasional adalah ”tidak ikut campur masalah dalam negeri negara lain”. ”Saya rasa itu sebuah aturan yang sangat baik,” ujarnya.

Lord Mark Malloch-Brown, mantan Deputi Sekjen PBB yang kini ketua urusan global pada FTI Consulting di Inggris, mengatakan, PBB mencatat ketidaksetaraan dan ketiadaan ruang politik yang diprotes demonstran Mesir dalam Laporan Pembangunan Arab hampir 10 tahun lalu.

”Ini adalah saat yang luar biasa bagi Mesir,” katanya hari Minggu (30/1). ”Kita harus berharap hasilnya adalah sebuah pemerintahan yang lebih inklusif. Namun, bagaimana mereka mencapainya, kapan dan apakah pemerintah berganti, itu harus menjadi urusan orang Mesir.”

Kishore Mahbubani, mantan Duta Besar Singapura di PBB yang adalah Dekan Lee Kuan Yew School of Public Policy, mengingatkan para VIP yang menghadiri sebuah panel dalam Forum Ekonomi Dunia bahwa ”jenis revolusi jalanan semacam ini bisa menyebabkan hasil negatif”.

”Itu sebabnya Anda melihat antusiasme dalam peliputan media Barat mengenai kejadian-kejadian ini tidak terasakan di tempat lain—karena mereka semua berpikir, hati-hati akan apa yang Anda harapkan, Anda bisa mendapatkan hal yang lebih buruk,” katanya.

Zedillo mengatakan bahwa dia, Malloch-Brown, dan Mahbubani adalah ”sahabat dekat” Mohamed ElBaradei, pemimpin oposisi Mesir pemenang Hadiah Nobel Perdamaian yang dilaporkan berada dalam tahanan rumah.

”Kami di sini, bertiga, mengatakan hati-hati, biarkan keadaan menjadi lebih jernih—dan kami adalah teman-teman tokoh oposisi dan kami mengatakan agar berhati-hati,” kata Zedillo.

Li Daokui, Direktur Pusat bagi China dalam Perekonomian Dunia, mengatakan, dia ”teramat berhati-hati mengenai apa yang mungkin terjadi”.

”Mungkin satu implikasi mendalam dari apa yang terjadi sekarang di Mesir bagi dunia adalah banyak pemerintah akan mendengarkan secara saksama melalui internet pada nada opini publik dan kemudian... mungkin merancang atau menerapkan prosedur untuk segera merespons pesan-pesan baru tertentu di internet,” katanya.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com