Di Sudan, Mahasiswa Tentang Pemerintah

Kompas.com - 30/01/2011, 18:30 WIB
EditorTri Wahono

KHARTOUM, KOMPAS.com Aksi demontrasi menentang pemerintah,  yang dimotori pemuda dan mahasiswa, juga terjadi di Sudan. Bentrokan massa dengan aparat kepolisian tidak dapat dicegah ketika demonstran menggelar long march di jalanan ibu kota Khartoum dan kota terbesar di negara tersebut, Omdurman, Minggu (30/1/2011).

Di Universitas Islam, Omdurman, sekitar 1.000 mahasiswa berunjuk rasa sambil meneriakkan slogan yang menghujat pemerintah. Mereka pun menyebut Presiden Omar al-Bashir sebagai penjahat perang, seperti dituduhkan jaksa pengadilan Mahkamah Internasional.

"Ocampo, apa yang kamu katakan benar!" teriak massa merujuk kepada Luis Moreno-Ocampo, jaksa kepala di Mahkamah Internasional yang menuduh Omar al-Bashir sebagai penjahat perang dan pelaku genosida di Darfur.

Mahasiswa juga menggelar protes di Universitas Ahlia, Omdurman. Sekitar 500 orang berunjuk rasa dengan slogan yang sama, menentang pemerintah.

Sementara itu, di pusat kota ibu kota Khartoum, sekitar 100 pemuda menggelar protes di depan Istana Kepresidenan. Mereka meneriakkan tuntutan perubahan dan penurunan harga barang. Bentrokan dengan aparat keamanan juga terjadi dan sekitar lima demonstran ditangkap.

"Apa yang terlihat di Mesir telah menginspirasi para pemuda untuk bergerak dan mereka bekerja sama melalui internet," kata Mubarak al-Fadl, politisi dari partai oposisi Umma, seperti dilansir AFP.

Demonstrasi menentang pemerintah tersebut berlangsung di tengah ancaman terpecahnya negara tersebut. Warga Sudan selatan baru saja menggelar referendum untuk menentukan apakah akan memisahkan diri dari Sudan atau tidak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.