Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Minta Warganya Tinggalkan Mesir

Kompas.com - 30/01/2011, 17:33 WIB

KAIRO, KOMPAS.com Pemerintah Amerika Serikat meminta warga negaranya di Mesir meninggalkan negara tersebut secepat mungkin. Dalam pernyataan yang dikeluarkan Minggu (30/1/2011), Kedutaan Besar AS di Mesir akan membantu evakuasi warganya keluar Mesir.

"Kedutaan AS di Kairo menginformasikan kepada semua warga negara AS di Mesir yang ingin keluar bahwa Departemen Luar Negeri akan mengatur transportasi ke lokasi yang aman di Eropa," demikian isi pernyataan tersebut. Meski demikian, setiap orang harus mengganti ongkos transportasi sendiri. Mereka diminta segera menelepon atau mengirim e-mail ke kedutaan atau Departemen Luar Negeri.

Hari ini Pemerintah AS juga mengeluarkan peringatan atau travel warning agar warganya tidak masuk ke Mesir karena demonstrasi dan kerusuhan masih terus terjadi. Sebelumnya, peringatan untuk tidak memasuki Mesir kalau tidak terlalu penting saja.

Hal tersebut dilakukan setelah kerusuhan di Mesir sejak pekan lalu, yang dipicu demonstrasi besar-besaran meminta Presiden Hosni Mubarak mundur dari kekuasaannya, terus meluas dan memicu kerusuhan di sejumlah tempat. Tak kurang dari 100 orang tewas dalam bentrokan massa dengan aparat keamanan yang sudah berlangsung enam hari tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com