Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Blokir Kata "Mesir" di Internet

Kompas.com - 30/01/2011, 16:56 WIB

BEIJING, KOMPAS.com Kerusuhan di Mesir yang terjadi sejak pekan lalu pun mulai dikhawatirkan menjalar ke negara lain. Bahkan Pemerintah China sampai memblokir kata kunci Egypt atau Mesir dalam bahasa Inggris sehingga tak dapat dicari di berbagai layanan internet.

Pencarian dengan kata kunci tersebut tak akan menghasilkan apa pun. Pemblokiran tersebut dilakukan di layanan internet favorit di Negara Tirai Bambu, seperti Sina.com, Sohu.com, dan Tencent yang menyediakan layanan mirip situs microbloging Twitter.

"Sesuai hukum, peraturan, dan kebijakan yang berlaku, hasil pencarian tidak dapat ditampilkan," demikian pernyataan yang dirilis Sina.com atas pembatasan tersebut, Minggu (30/1/2011). Pembatasna tersebut hanya di layanan microbloging, tidak pada pencarian situs secara keseluruhan.

Selama ini China memang dikenal ketat dalam menyensor konten di internet. Pemerintah China juga memiliki kemampuan untuk mengatur secara terpusat konten apa saja yang boleh diakses dan yang tidak. Topik mengenai demokrasi termasuk yang dilarang. Situs-situs dan layanan jejaring sosial yang bisa memobilisasi massa, seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan Flickr, juga dilarang di negara tersebut.

Facebook dan Twitter selama ini diyakini sebagai alat efektif yang digunakan aktivis prodemokrasi untuk melakukan propaganda dan merencakan aksinya. Revolusi Jasmine di Tunisia yang berhasil menggulingkan kediktatoran Presiden Zine al-Abidine Ben Ali diyakini turut didorong melalui layanan internet tersebut. Hal yang sama kini menjalar ke Mesir dan Yaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com