Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demonstran Beringas, Mumi Ikut Dijarah

Kompas.com - 30/01/2011, 15:35 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Para penjarah menerobos masuk Museum Mesir dan merusak dua mumi Firaun ketika unjuk rasa melawan pemerintah berlangsung pada Jumat (28/1/2011) malam. Demikian dikatakan arkeolog senior Mesir kepada stasiun televisi nasional.

Museum di pusat Kairo, tempat menyimpan koleksi terbanyak peninggalan Firaun di dunia, berdekatan dengan markas partai berkuasa, Nasional Demokratik, yang dibakar para pemrotes.

Api masih berkobar di markas partai tersebut pada Sabtu pagi.

"Saya merasa sangat menyesal ketika datang pagi ini ke Museum Mesir dan menemukan bahwa beberapa orang mencoba menyerang museum dengan paksa semalam," kata Ketua Dewan Tinggi Peninggalan Zahi Hawass.

"Sejumlah warga Mesir mencoba mencegah dan sebagian tergabung dengan polisi pariwisata, tetapi beberapa penjarah bisa masuk dari atas dan mereka merusak dua mumi," katanya.

Ia menambahkan, para penjarah juga merampok kantor penjualan tiket.

Museum berlantai dua yang dibangun pada 1902 itu menyimpan puluhan ribu benda dalam galeri dan ruang simpan. Kebanyakan koleksi Raja Tutankhamen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com