Pemerintah Filipina Ambil Ancang-ancang

Kompas.com - 29/01/2011, 18:10 WIB
EditorJosephus Primus

MANILA, KOMPAS.com - Para diplomat Filipina di Mesir sedang menyiapkan pusat-pusat penampungan bagi para warga mereka apabila aksi kekerasan politik meningkat di negara itu, kata Abigail Valte, seorang juru bicara Presiden Benigno Aquiono, Sabtu (29/1/2011).    

  Pemerintah mengimbau sekitar 6.500 warga Fipilina untuk tidak berada di lokasi-lokasi publik dan menjauhi tempat-tempat protes antipemerintah yang sedang berlangsung, katanya. "Kami terus memantau situasi dan kedutaan besar kami di Kairo tetap waspada terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi dan siap mereloksi warga-warga kami ke daerah-daerah yang lebih aman jika hal itu perlu dilakukan," kata Valte kepada wartawan.     

"Kami sedang mempersiapkan pusat-pusat penampungan, tiga di Kairo dan satu di Alexandria yang siap bagi relokasi para warga Filipina jika diperlukan," tutur Valte lagi.    

  "Sejauh ini tidak ada seorangpun dievakuasi tetapi kedubes sedang mempersiapkan menghadapi segala kemungkinan," tambah Valte.   

   Departemen luar negeri mengatakan sejauh ini tidak ada warga Filipina dilaporkan cedera dalam aksi kekerasan. Akan tetapi Valte mengatakan ada sedikit kesulitan untuk memperoleh informasi karena hubungan telepon selular dan Internet ke Mesir putus.     

Lebih dari sembilan juta warga Filipina atau sekitar 10 persen dari penduduk negara itu bekerja di luar negeri, banyak dari mereka di Timur Tengah karena gaji di dalam negeri rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.