KBRI: Warga Indonesia Baik-baik Saja

Kompas.com - 29/01/2011, 16:23 WIB
EditorLatief

KAIRO, KOMPAS.com — Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kairo, Mesir, menyatakan semua warga negara Indonesia yang saat ini masih berada di Mesir dalam keadaan baik-baik saja meskipun aksi-aksi demonstrasi terjadi di beberapa tempat di Mesir dari Jumat (28/1/2011) hingga Sabtu (29/1/2011) dini hari tadi.

"Alhamdulillah semua warga negara Indonesia di Mesir terhindar dari huru-hara yang terjadi," kata Kepala Bagian Penerangan, Sosial, dan Kebudayaan KBRI Kairo Iwan Widjaya Muliyatna, Sabtu (29/1/2011).

Menurutnya, tempat-tempat permukiman warga negara Indonesia pada umumnya jauh dari lokasi-lokasi unjuk rasa, yang sebagian besar berlangsung di  pusat kota dan tempat-tempat strategis. Kendatipun demikian, KBRI Kairo telah memberikan penyuluhan kepada warga negara Indonesia, yang sebagian besar adalah mahasiswa, untuk selalu waspada terhadap situasi panas di Mesir saat ini.

"Pada Jumat kemarin KBRI mengadakan pertemuan-pertemuan dengan para mahasiswa untuk saling tukar informasi mengenai keselamatan warga Indonesia," kata Iwan.

Warga negara Indonesia di Mesir kini mencapai sekitar 5.000 orang, dengan 4.000 di antaranya didominasi kalangan mahasiswa. Pihak KBRI Kairo saat ini telah menyediakan sambungan telepon khusus dengan nomor 20227947200 dan 27947209 untuk melakukan kontak komunikasi dengan para warga negara Indonesia yang berada di sana.

Duta Besar RI di Kairo AM Sachir, sebelumnya sempat berpikir akan melakukan evakuasi terhadap para warga negara Indonesia di Mesir terkait dengan merebaknya huru-hara unjuk rasa para pemuda yang menuntut agar Presiden Mesir Hosni Mubarak mundur dan melakukan reformasi politik. Aksi unjuk rasa di Mesir itu diilhami oleh revolusi di Tunisia yang menyebabkan Presiden Zine El Abidine Ben Ali, yang kini melarikan diri ke Arab Saudi setelah mendapat tekanan keras rakyat dalam aksi demo selama beberapa hari.

Adapun situasi sampai Sabtu (29/1/2011) di Kairo masih rentan. Kendati demikian, aksi unjuk rasa sewaktu-waktu bisa muncul kembali, sementara semua saluran komunikasi, termasuk telepon seluler, telepon rumah, dan internet, diblokir sehingga menyulitkan para wartawan asing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.