Militer Mesir Lindungi Museum

Kompas.com - 29/01/2011, 14:54 WIB
EditorI Made Asdhiana

KAIRO, KOMPAS.com - Tentara Mesir, Sabtu (29/1/2011) melakukan penjagaan ekstra ketat terhadap sebuah museum terkenal di Kairo yang menyimpan berbagai barang antik. Penjagaan ini dilakukan untuk melindungi ribuan artefak tak ternilai harganya, termasuk masker emas Raja Tutankhamun dari para penjarah.

Penjagaan terhadap museum yang selalu dikunjungi wisman itu dilakukan menyusul aksi pembakaran markas partai yang terletak di samping museum oleh para pengunjuk rasa anti pemerintah, Jumat malam. Aksi ini malah merembet ketika para pencuri mulai memasuki area sekitar museum, memanjat pagar dan melompat memasuki halaman museum.

Seorang pria memohon kepada orang-orang di luar gerbang museum untuk tidak menjarah seraya berteriak, "Kami tidak seperti Baghdad." Pasalnya pascapenyerbuan Amerika ke Irak tahun 2003, para pencuri mengangkut ribuan artefak dari Museum Nasional di Baghdad dan hanya hanya sebagian kecil saja yang tersisa.

Aksi melindungi museum kebanggaan Mesir ini juga dilakukan sekelompok pemuda dengan bersenjata tongkat yang diambil dari polisi. Mereka membentuk rantai manusia di luar pintu masuk utama dalam upaya untuk melindungi koleksi museum dari penjarahan. "Aku berdiri di sini untuk membela dan melindungi harta nasional kita," kata salah seorang pria, Farid Saad, seorang insinyur.

Pria lainnya, Ahmed Ibrahim, mengatakan hal itu penting untuk menjaga museum karena memiliki nilai sejarah yang tak ternilai harganya. "Jika mereka mencurinya, kita tidak akan pernah menemukannya lagi," katanya.

Akhirnya, empat kendaraan lapis baja mengambil posisi berjaga-jaga di luar gedung museum yang berada di pusat Kota Kairo itu dan menangkapi mereka berupaya mencuri barang-barang berharga tersebut. Tentara mengepung gedung untuk melindungi mumi, batu monumental patung, perhiasan kerajaan Fir'aun, hiasan dan artefak lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.