Obama Imbau Mubarak Tak Pakai Kekerasan

Kompas.com - 29/01/2011, 14:48 WIB
EditorI Made Asdhiana

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Jumat (28/1/2011), mengimbau pihak keamanan Mesir tidak menggunakan tindakan kekerasan terhadap para pengunjuk rasa dalam percakapan telepon 30 menit dengan Presiden Mesir Hosni Mubarak.

Peringatannya itu diucapkan saat AS memperkuat tekanannya terhadap pemerintah Mubarak dan mengatakan AS akan meninjau kembali bantuan miliaran dollar AS kepada Mesir apabila militer Mesir menggunakan kekerasan menghadapi para pengunjuk rasa.

Obama mengimbau Mubarak untuk mengambil langkah-langkah konkret bagi reformasi politik di negara itu. "Saya mengimbau dengan tegas agar pihak berwenang Mesir menahan diri untuk tidak melakukan tindakan kekerasan terhadap para pengunjuk rasa," kata Obama.

"Rakyat Mesir memiliki hak-hak universal. Itu termasuk hak pertemuan yang damai dan berorganisasi. Hak untuk bebas berbicara dan kemampuan untuk menentukan nasib mereka sendiri," lanjut Obama.

Obama mengatakan, ia berbicara dengan Mubarak setelah Presiden Mesir dalam satu pidatonya yang disiarkan media tidak memberikan tanda-tanda akan mundur, tetapi berjanji akan memajukan demokrasi dan kesempatan ekonomi yang lebih banyak.

"Saya mengemukakan bahwa Mubarak harus bertanggung jawab dengan yang diucapkannya," kata Obama dalam sebuah pernyataan di Gedung Putih.

Mesir merupakan negara yang memperoleh bantuan asing AS rata-rata dua miliar dollar AS setiap tahun. Tampaknya hal itu dapat dijadikan satu faktor penting bagi AS untuk menggunakan pengaruhnya. "Kami akan meninjau kembali jumlah bantuan kami sesuai dengan perkembangan situasi dalam hari-hari mendatang," kata juru bicara Gedung Putih, Robert Gibbs.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.