Mesir Tangkap Pemimpin Ichwanul Muslimin

Kompas.com - 28/01/2011, 15:24 WIB
EditorEgidius Patnistik

KAIRO, KOMPAS.com - Mesir menangkap anggota Ichwanul Muslimin termasuk sedikitnya  delapan pemimpin senior kelompok itu menjelang protes di seluruh negara, Jumat siang waktu setempat, kata seorang pengacara yang mewakili mereka yang ditahan itu.

Kantor berita AFP menyebutkan 20 anggota kelompok oposisi utama Ichwanul Muslimin telah ditahan. Pengacara kelompok itu Abdel Moneim Abdel Maksoud mengatakan setidaknya delapan tokoh senior ditangkap dalam operasi Jumat subuh, termasuk tiga juru bicara Essam El Erian, Mohamed Mursi dan Hamdy Hassa.

Satu sumber keamanan mengonfirmaikan bahwa pihak berwenang telah memerintahkan untuk melakukan tindakan tegas terhadap kelompok itu Kamis malam. "Kami memerintahkan pasukan keamanan menindak para aktivis Ichwanul Muslimin," kata sumber itu kepada Reuters.

Ichwanul Muslimin tidak berada di belakang protes tiga hari oleh para pemuda yang marah atas kondisi hidup yang miskin, tetapi banyak pengikut kelompok itu diperkirakan akan ikut dalam unjuk rasa setelah  sholat Jumat ini. Pemerintah mengeluarkan peringatan-peringatan kepada para pengunjuk rasa muda dan tidak mengizinkan Ichwanul Muslimin  menggunakan protes-protes itu untuk apa yang pihak berwenang sebut sebagai "agenda tersembunyinya".

Tokoh oposisi Mohamed El Baradei dan yang lainnya  mengatakan, pemerintah menggunakan oposisi Islam sebagai alasan bagi kekuasaan otoriter. Para aktivis menyerukan dilakukan unjuk-unjuk rasa terbesar  setelah tiga hari  protes yang  diilhami  demonstrasi-dmonstrasi  yang menggulingkan pemimpin Tunisia bulan ini.

Unjuk rasa di seluruh negara itu menjadi aksi demonstrasi terbesar dalam tiga dasa warsa terkahir. Tujuh orang tewas, lima pemrotes dan dua polisi, serta lebih dari 100 orang cedera. Seorang pejabat keamanan mengemukakan kepada AFP bahwa sekitar 1.000 orang ditahan sejak protes itu dimulai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.