Tabrakan KA Diduga akibat "Human Error"

Kompas.com - 28/01/2011, 14:07 WIB
EditorTri Wahono

BANJAR, KOMPAS.com — Kepala Polda Jawa Barat Irjen Suparni Parto menyatakan, tabrakan Kereta Api Mutiara Selatan dengan KA Kutojaya di Stasiun KA Langen, Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (28/1/2011), sekitar pukul 03.00 diduga akibat human error.

"Kemungkinan ini human error. Kami masih melakukan pemeriksaan," kata Kapolda seusai memantau lokasi tabrakan kereta itu di Banjar tadi siang. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, KA Mutiara Selatan yang seharusnya melewati jalur dua ternyata masuk jalur tiga tempat KA Kutojaya berhenti.

Ia memastikan masinis dan operator di Stasiun Langen sudah diamankan oleh pihak aparat Polresta Banjar untuk dimintai keterangan. Terkait siapa yang harus bertanggung jawab dalam peristiwa itu, kata Kapolda, pihaknya belum dapat mengungkapkan karena jajarannya masih melakukan penyelidikan di lapangan.

"Pendalamannya nanti masih ditindaklanjuti. Tentu yang bersangkutan termasuk masinis sudah kami amankan oleh Polres Banjar," kata Kapolda.

Tabrakan KA itu telah menelan korban jiwa tiga penumpang KA Kutojaya dan puluhan penumpang yang kebanyakan dialami penumpang kereta pertama KA Kutojaya. Peristiwa naas itu bermula saat KA Kutojaya dari Bandung yang akan ke Kutoarjo berhenti di jalur tiga Stasiun Langen menunggu KA Mutiara Selatan lewat dari arah sebaliknya. Namun, KA Mutiara Selatan masuk jalur tiga dan seketika menabrak KA Kutojaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.