Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet dan SMS Macet Jelang Demo Besar

Kompas.com - 28/01/2011, 08:49 WIB

KAIRO, KOMPAS.com -  Layanan internet terganggu di Mesir, Jumat (28/1/2011) pagi, pada saat yang sama pesan teks telepon seluler juga macet. Dua layanan itu bermasalah hanya beberapa jam sebelum para aktivis, yang menggunakan dua media itu untuk mengatur aksi protes besar anti-pemerintah, berencana akan menggelar aksi lebih lanjut.

Kementerian dalam negeri Mesir mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis malam bahwa pemerintah itu akan mengambil tindakan tegas terhadap para pembangkang yang merencanakan aksi protes seusai shalat Jumat ini. Kementerian itu mengatakan, para aktivis telah mengirim pesan kepada warga untuk berkumpul di sejumlah masjid di propinsi-provinsi di negara itu pada shalat Jumat hari ini.

Puluhan ribu orang berunjuk rasa di seluruh Mesir, Selasa lalu, dalam suatu aksi demonstrasi anti-pemerintah terbesar selama beberapa dekade terakhir. Protes itu berlanjut hari Rabu dan Kamis. Lima orang demonstran dan dua polisi dilaporkan tewas dalam aksi unjuk rasa tersebut.

Layanan telepon genggam sempat ngadat pada hari Selasa di pusat kota Kairo dimana sebagian besar pengunjuk rasa berkumpul. Situs jejaring sosial Twitter mengatakan, layanannya diblokir pada hari itu. Di Kairo, para pengguna internet mengatakan, mereka tidak bisa mengakses web tersebut, beberapa mengatakan akses sangat lambat dan sering putus mulai Kamis malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com