Internet dan SMS Macet Jelang Demo Besar

Kompas.com - 28/01/2011, 08:49 WIB
EditorEgidius Patnistik

KAIRO, KOMPAS.com -  Layanan internet terganggu di Mesir, Jumat (28/1/2011) pagi, pada saat yang sama pesan teks telepon seluler juga macet. Dua layanan itu bermasalah hanya beberapa jam sebelum para aktivis, yang menggunakan dua media itu untuk mengatur aksi protes besar anti-pemerintah, berencana akan menggelar aksi lebih lanjut.

Kementerian dalam negeri Mesir mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis malam bahwa pemerintah itu akan mengambil tindakan tegas terhadap para pembangkang yang merencanakan aksi protes seusai shalat Jumat ini. Kementerian itu mengatakan, para aktivis telah mengirim pesan kepada warga untuk berkumpul di sejumlah masjid di propinsi-provinsi di negara itu pada shalat Jumat hari ini.

Puluhan ribu orang berunjuk rasa di seluruh Mesir, Selasa lalu, dalam suatu aksi demonstrasi anti-pemerintah terbesar selama beberapa dekade terakhir. Protes itu berlanjut hari Rabu dan Kamis. Lima orang demonstran dan dua polisi dilaporkan tewas dalam aksi unjuk rasa tersebut.

Layanan telepon genggam sempat ngadat pada hari Selasa di pusat kota Kairo dimana sebagian besar pengunjuk rasa berkumpul. Situs jejaring sosial Twitter mengatakan, layanannya diblokir pada hari itu. Di Kairo, para pengguna internet mengatakan, mereka tidak bisa mengakses web tersebut, beberapa mengatakan akses sangat lambat dan sering putus mulai Kamis malam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.