Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedua KA Naas Lanjutkan Perjalanan

Kompas.com - 28/01/2011, 08:34 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — KA Mutiara Selatan dan KA Kutojaya yang bertabrakan di Stasiun Langensari, Kota Banjar, bisa melanjutkan perjalanan untuk mengantar penumpang ke stasiun masing-masing.

"Kedua KA itu sudah dikembalikan ke posisinya, KA Kutojaya bisa melanjutkan perjalanan dan berangkat dari lokasi kejadian pada pukul 06.00 WIB," kata Vice President Public Relations PT KAI Sugeng Priyono yang dihubungi dari Bandung, Jumat (28/1/2011).

Dengan demikian, kata Sugeng tidak ada overstapen atau pengalihan dengan menggunakan angkutan bus. Kejadian tabrakan KA Mutiara Selatan dan Kutojaya di lajur tiga Stasiun Langensari itu terjadi sekitar pukul 02.30 WIB, mengakibatkan tiga penumpang meninggal dunia, tujuh penumpang luka berat, dan tiga penumpang luka ringan.

Semua korban yang meninggal dan luka diangkut ke RSUD Kota Banjar dengan biaya sepenuhnya dari PT KAI dan PT Asuransi Jasa Raharja. "Semuanya diangkut ke RSUD Banjar, semua biaya ditangani PT KAI dan tanggungan asuransi dari Jasa Raharja," kata Sugeng.

Sementara itu, akibat tabrakan itu, lokomotif KA Mutiara Selatan sempat anjlok satu as, termasuk lokomotif KA Kutojaya juga anjlok satu as. Adapun gerbong yang anjlok masing-masing gerbong barang kedua rangkaian KA itu anjlok empat as. Beruntung, bisa cepat diatasi dengan mengerahkan tim yang siaga Stasiun Banjar.

"Kereta atau gerbong yang mengalami kerusakan ditinggalkan di stasiun itu, sedangkan yang lainnya bisa dirangkai dan melanjutkan perjalanan ke stasiun tujuan masing-masing," kata Sugeng Priyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com