Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WN Australia Ditangkap

Kompas.com - 28/01/2011, 04:26 WIB

Jakarta, Kompas - Pihak Kepolisian Negara RI menangkap Haydar Khani, warga negara Australia yang diduga mengendalikan penyelundupan imigran gelap asal negara-negara Timur Tengah dari Indonesia ke Australia. Dari hasil pemeriksaan, Haydar Khani diduga telah beberapa kali mengirim imigran gelap ke Australia melalui Indonesia pada periode September-Oktober 2010.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Boy Rafli di Jakarta, Rabu (26/1). Boy menjelaskan, dari kasus kapal pengangkut imigran gelap yang tenggelam di perairan Christmas Island, pihak kepolisian Australia melakukan penyelidikan dan memberikan data kepada pihak Polri.

Data yang diberikan, lanjut Boy, terkait orang yang diduga berperan memfasilitasi pengiriman imigran gelap asal Timur Tengah dari Indonesia ke Australia. Setelah melakukan penyelidikan, akhirnya Polri berhasil menangkap Haydar Khani, Selasa lalu, di apartemen di kawasan Senayan.

Menurut Boy, Haydar Khani merupakan warga negara Australia keturunan Irak yang masuk ke Indonesia dengan visa wisata dan sudah berada di Indonesia sekitar dua tahun lalu. Pada periode September-Oktober, Haydar Khani diduga telah mengirim imigran ke Australia dari Indonesia sebanyak enam kali.

Dalam pengiriman imigran gelap pada pertengahan Desember 2010 dengan kapal Maju Jaya, kapal akhirnya kandas di perairan Christmas Island. Korban jiwa mencapai 30 orang dan korban selamat 42 orang.

Boy menambahkan, dalam menjalankan aktivitas pengiriman imigran gelap asal Timur Tengah dari Indonesia ke Australia, Haydar Khani dibantu tiga warga negara Indonesia, yaitu Hasan Basri, Syukri, dan Erwin.

Hasan Basri dan Erwin ditangkap sekitar dua bulan lalu dan diproses di Kepolisian Daerah Jawa Barat. ”Tersangka Syukri masih masuk daftar pencarian orang,” kata Boy. (FER)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com