Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantaran Yahudi, Bailey Cuma di Liga Mini

Kompas.com - 27/01/2011, 17:54 WIB

KOMPAS.com - Amarah Jason Bailey tampaknya sudah melewati batas. Pemain hoki es itu merasa mendapat perlakuan tidak adil di klubnya, Anaheim Ducks. Menurutnya, selama menjadi anggota klub asal California itu, Bailey justru hanya bermain di klub Bakersfield Condors.

Asal tahu saja, Condors adalah klub afiliasi Anaheim Ducks. Tapi, klub itu hanya bermain di liga mini. "Lantaran saya orang Yahudi, saya merasa mendapat perlakuan berbeda di klub," begitu alasan Bailey sebagaimana warta AP dan AFP pada Kamis (27/1/2011).

Jadilah, Bailey menuntut klubnya itu. Tuntutan tersebut disampaikan di Orange County. Kuasa hukumnya mengatakan Bailey menghadapi sebuah tindakan anti-Semit dan penyerangan serta makian yang merendahkan kepercayaannya sebagai seorang Yahudi dari para pelatih Condors. "Ini penghinaan yang kejam terkait dengan agama seseorang yang dilakukan oleh pelatih Martin Raymond dan Mark Pederson," begitu tuntutan Bailey.

Menurut pihak Bayley, salah satu penghinaan yang dilakukan para pelatih ini adalah komentar tentang orang Yahudi yang hanya peduli dengan uang dan siapa yang memilikinya. "Ini termasuk pernyataan yang mengatakan Yahudi tidak bisa dipercaya jika berurusan dengan uang," kata Keith Fink, penasihat hukum Bailey.

Fink menambahkan, lantaran agamanya itu, Bailey mendapat stempel buruk. "Mereka tidak akan menurunkannya untuk bermain," tambah Fink.

Fink mengatakan kedua pelatih Condors itu telah menyampaikan permintaan maaf secara tertulis. Keduanya juga mendapat sanksi dari klub. Tapi, hal ini tidak memuaskan Baileys yang menginginkan mereka dipecat. "Ketimbang melakukan tindakan yang benar, kedua orang itu masih tetap berlatih dan Bailey justru dikeluarkan dari klub," tegas Fink.

Baik Ducks maupun Condors sejauh ini belum memberikan komentar, sementara itu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com