Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Semalam di Zurich Sebelum ke Davos

Kompas.com - 27/01/2011, 06:56 WIB

ZURICH, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan tiba di Bandara Internasional Zurich, Swiss, Rabu (26/1/2011) pukul 21.30 waktu setempat atau Kamis (27/1/2011) pukul 04.30 WIB.

Pesawat Kepresidenan Garuda Indonesia Airbus 330-300 yang membawa rombongan Presiden menempuh sembilan jam penerbangan dari Bandara Militer Palam, New Delhi, dan disambut udara bertemperatur 3 derajat celsius setibanya di Zurich.

Presiden dijadwalkan menginap semalam di Zurich dan baru menuju Davos yang berjarak tiga jam perjalanan darat dari Zurich pada Kamis untuk menghadiri World Economic Forum (WEF).

Presiden Yudhoyono pada Kamis, 27 Januari 2011, dijadwalkan memberikan pidato kunci dan menggelar sesi tanya-jawab dengan Ketua WEF Klaus Schwab.

Kehadiran Presiden adalah yang pertama kali di forum WEF yang dibentuk oleh sebuah organisasi independen guna membahas dan mencari solusi atas berbagai masalah global.

Setiap tahun WEF dihadiri oleh para pucuk pimpinan perusahaan raksasa dunia, ketua lembaga organisasi internasional, serta sejumlah kepala negara/pemerintahan. Indonesia akan menjadi tuan rumah WEF untuk Asia Timur yang digelar pada 12-13 Juli 2011.

Di Davos, Presiden juga akan memberikan pidato pada sesi yang membahas bidang energi yang dihadiri oleh para pimpinan eksekutif perusahaan energi dunia.

Ia juga dijadwalkan menjadi panelis dalam sesi pembangunan berkelanjutan bersama dengan Presiden Meksiko Felipe Calderon, Presiden Finlandia Tarja Halonen, dan Presiden Afrika Selatan Jacob G Zuma.

Presiden juga akan menghadiri sesi pertemuan membahas pertumbuhan ekonomi dan revitalisasi perdagangan dunia yang dihadiri oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron, Kanselir Jerman Angela Merkel, serta Direktur WTO Pascal Lamy.

Di sela-sela menghadiri forum WEF di Davos, Presiden Yudhoyono juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara/pemerintahan, yaitu dengan Presiden Kolombia Juan Manuel Santos, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, dan Presiden Konfederasi Swiss Micheline Clamy Rey.

Presiden juga dijadwalkan bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-mon, mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, serta mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair.

Di Davos, Presiden juga akan menghadiri "Indonesia Co-Co Night" dengan tema merayakan semangat kolaborasi dan kerja sama.

Presiden akan berada di Swiss hingga Sabtu, 29 Januari 2011, dan dijadwalkan tiba kembali di Tanah Air pada Minggu, 30 Januari 2011 pukul 09.45 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com