Downing Street 10 Tetap Sarang Tikus - Kompas.com

Downing Street 10 Tetap Sarang Tikus

Kompas.com - 25/01/2011, 20:12 WIB

KOMPAS.com - Masih ingat serial film kartun Tom and Jerry yang sohor itu? Kisah petualangan dua musuh bebuyutan Tom Kucing dan Jerry Tikus itu tampaknya pas disandingkan dengan kantor sekaligus tempat tinggal Perdana Menteri Inggris di Downing Street 10, London.

Apa pasal? Ternyata, tempat itu sudah sejak lama menjadi "rumah" tikus. Hewan pengerat itu terlihat di tangga pintu hitam paling terkenal di Inggris tersebut dalam dua buah berita di televisi sebagaimana warta AP dan AFP pada Selasa (25/1/2011).

Gara-gara itulah, televisi tersebut kebanjiran pesan dari masyarakat baik melalui email, SMS atau Twitter agar pemerintah melakukan sesuatu untuk memberantas tikus-tikus itu. Namun, juru bicara Perdana Menteri Inggris mengatakan pemerintah tidak berencana mendatangkan seekor kucing untuk memberantas tikus-tikus itu.

Dulu, kantor perdana menteri ini memang pernah memiliki beberapa kucing yang bertugas untuk menangkap tikus yang berkeliaran di sana. Salah satu kucing resmi Downing Street dengan gelar resmi Chief Mouser to the Cabinet Office alias penangkap tikus utama untuk kantor kabinet adalah Humphrey yang bertugas pada 1989-1997 di bawah dua perdana menteri yaitu Margaret Thatcher dan John Major.

Perdana Menteri Tony Blair kemudian memensiunkan Humphrey pada 1997. Namun, banyak yang menduga istri sang perdana menteri, Cherie, yang menginginkan Humprey keluar dari Downing Street.

Humphrey kemudian digantikan Sybil yang dibawa Menteri Keuangan Alistair Darling pada 2007 di masa pemerintahan Perdana Menteri Gordon Brown. Namun, enam bulan kemudian dia dipulangkan ke Edinburgh, Skotlandia karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan di London.

Nah, kini dengan anggaran belanja negara yang diperketat nampaknya kehadiran kucing baru di Downing Street 10 tidak akan menjadi kenyataan. Sebab, biaya pemeliharaan kucing di Downing Street ditanggung anggaran negara. Sebagai contoh, Humphrey menerima "gaji" 100 poundsterling setahun atau sekitar Rp 1,5 juta setahun yang diambil dari anggaran Kantor Kabinet.


EditorJosephus Primus

Close Ads X