Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Menteri Kabinet Morales Mundur

Kompas.com - 24/01/2011, 11:23 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Kabinet yang dipimpin Presiden Bolivia, Evo Morales, mengundurkan diri, Minggu (Senin WIB), sebagai sebuah langkah yang menandai selesainya tahun pertama masa jabatan kedua presiden itu.

"Seluruh menteri dari pemerintah Bolivia telah mengundurkan diri sehingga Presiden Evo Morales dapat menelaah kinerja masing-masing dari kami dan mengambil sebuah keputusan apakah akan mempertahankan kami di kabinet atau diganti," kata Menteri Luar Negeri David Choquehuanca. "Kabinet baru akan diumumkan Senin," katanya.

Tingkat popularitas Morales jatuh setelah presiden itu menandatangani sebuah dekrit untuk menaikkan harga bahan bakar minyak sebesar 83 persen pada Desember. Pengumuman itu kemudian disusul oleh serangkaian protes yang berakhir dengan kekerasan di seluruh negeri dan memaksanya untuk membatalkan dekrit tersebut.

Para pengamat meyakini bahwa pengunduran diri kabinet itu akan memberikan kesempatan bagi Morales untuk membawa perubahan di beberapa sektor penting dan meraup kembali popularitas di mata rakyatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com