Para Menteri Kabinet Morales Mundur

Kompas.com - 24/01/2011, 11:23 WIB
EditorEgidius Patnistik

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Kabinet yang dipimpin Presiden Bolivia, Evo Morales, mengundurkan diri, Minggu (Senin WIB), sebagai sebuah langkah yang menandai selesainya tahun pertama masa jabatan kedua presiden itu.

"Seluruh menteri dari pemerintah Bolivia telah mengundurkan diri sehingga Presiden Evo Morales dapat menelaah kinerja masing-masing dari kami dan mengambil sebuah keputusan apakah akan mempertahankan kami di kabinet atau diganti," kata Menteri Luar Negeri David Choquehuanca. "Kabinet baru akan diumumkan Senin," katanya.

Tingkat popularitas Morales jatuh setelah presiden itu menandatangani sebuah dekrit untuk menaikkan harga bahan bakar minyak sebesar 83 persen pada Desember. Pengumuman itu kemudian disusul oleh serangkaian protes yang berakhir dengan kekerasan di seluruh negeri dan memaksanya untuk membatalkan dekrit tersebut.

Para pengamat meyakini bahwa pengunduran diri kabinet itu akan memberikan kesempatan bagi Morales untuk membawa perubahan di beberapa sektor penting dan meraup kembali popularitas di mata rakyatnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X