Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Tangkap Kepala Geng Narkoba

Kompas.com - 24/01/2011, 08:09 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Polisi  menangkap seorang kepala geng kriminal yang diyakini bertanggung jawab atas pembunuhan lebih dari 20 orang di kota pelancongan Acapulco, Meksiko, kata para pejabat Minggu.

Lozano Jose Martinez, yang dikenal dengan julukan "El Lozano," ditangkap bersama dengan enam orang lain, Kamis, dalam satu razia, kata polisi. Petugas keamanan mengatakan, pemuda 21 tahun itu diakui berpartisipasi dalam pembunuhan 22 orang pada awal bulan ini di Acapulco.

Dia dan rekan-rekannya terkait dengan apa yang dinamakan Kartel  Independen Acapulco (CIDA), yang dipimpin Edgar Valdez Villarreal, alias "La Barbie," sampai dia ditangkap pada 30 Agustus. Geng Acapulco berada dalam perang rebutan wilayah dengan kartel lain untuk menguasi perdagangan narkotika yang menguntungkan.

Pertempuran telah menewaskan sekitar 30 orang dalam bulan ini, termasuk 15 orang yang dipenggal kepalanya yang ditemukan di pantai resor tersebut. Sekitar 34.600 orang telah tewas sejak tahun 2006, ketika Presiden Felipe Calderon meluncurkan penumpasan terhadap geng-geng kuat di negara itu yang melibatkan puluhan ribuan tentara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com