Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerabat Presiden Ben Ali Tiba di Kanada

Kompas.com - 23/01/2011, 10:53 WIB

MONTREAL, KOMPAS.com - Kerabat presiden terguling Tunisia, Zine El Abidine Ben Ali telah tiba di Kanada, demikian dikatakan pejabat pemerintah di Ottawa, Sabtu (22/1/2011).

Pejabat itu membenarkan, tanpa memberikan keterangan rinci, satu laporan di surat kabar Le Journal de Quebec, yang mengatakan salah satu dari beberapa saudara ipar laki-laki Ben Ali tiba di Montreal Jumat pagi dengan pesawat jet pribadi didampingi istrinya, anak-anak mereka dan seorang pengasuh.

Istri Ben Ali, Leila Trabelsi, memiliki beberapa saudara. Keluarga Leila dilaporkan menginap di hotel Montreal. Seorang pejabat bagian Kewarganegaraan dan Imigrasi Kanada mengatakan, Ottawa tidak menawarkan suaka kepada keluarga Ben Ali.

"Mr Ben Ali, anggota mantan rezim Tunisia yang digulingkan dan keluarga mereka tidak diterima di Kanada," kata Douglas Kellam, juru bicara pemerintah, yang menolak memberikan komentar tentang kasus-kasus tertentu dengan alasan privasi.

"Siapa pun yang memasuki Kanada harus melewati sejumlah pemeriksaan. Dalam kasus Tunisia, mereka harus memiliki visa yang sah yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kanada," tambahnya.

Pejabat itu menambahkan, visa hanya dikeluarkan oleh petugas kami. Mereka sepakat, orang-orang tersebut akan meninggalkan Kanada setelah visa berakhir.

"Kemungkinan anggota rezim Ben Ali tidak dapat kembali ke Tunisia, dan ini menjadi masalah diplomatik ke depan," katanya.

Berita tentang kedatangan mereka mengundang protes dari warga Tunisia di Montreal, banyak di antara mereka yang menunjukkan melawan mantan rezim itu.

"Orang-orang itu perlu mempertanggujawabkan tindakan mereka di hadapan rakyat Tunisia, di Tunisia," kata Sonia Djelidi, anggota kelompok aksi unjuk rasa itu.

Ben Ali melarikan diri ke Arab Saudi awal bulan ini, setelah sepekan aksi protes keras terhadap pemerintahan tangan-besinya selama 23 tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com