Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roboh seperti Teori Domino

Kompas.com - 23/01/2011, 03:56 WIB

Musthafa Abd Rahman

Tumbangnya rezim kuat di Tunisia, Ben Ali, dalam waktu singkat terus menjadi buah bibir penduduk biasa, pengamat, dan media massa seantero dunia Arab. Pertanyaan yang terus mengusik opini umum dunia Arab saat ini adalah apakah peristiwa Tunisia itu bisa seperti teori domino bagi negara Arab lain? 

Faktor-faktor yang menjatuhkan rezim Ben Ali di Tunisia juga terdapat di negara Arab lain. Bahkan, kondisi sosial, ekonomi, dan politik pada banyak negara Arab lebih parah jika dibandingkan dengan Tunisia.

Betapa rakyat di negara-negara Arab kini sangat menginginkan perubahan dengan segera menyusul Tunisia. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya pemuda Arab yang kini meniru-niru tindakan seorang pedagang asongan Tunisia, Mohamed Bouazizi, yang bunuh diri dengan membakar diri pada 17 Desember lalu, ketika polisi menyita dagangannya berupa buah dan sayur yang menjadi satu-satunya gantungan hidup.

Aksi seorang warga kecil bernama Bouazizi itu, yang ternyata bisa menjatuhkan rezim kuat Zine al-Abidine Ben Ali, membangkitkan lagi semangat rakyat dunia Arab untuk melakukan perubahan di negaranya masing-masing.

Selama ini rakyat dunia Arab dihinggapi kebingungan, bahkan rasa putus asa mencari pintu menuju perubahan di tengah tertutupnya semua jalur politik serta penerapan sistem keamanan dan intelijen yang superketat hingga serta-merta menjelma menjadi negara polisi.

Sistem multipartai yang diterapkan di dunia Arab pun ibarat lipstik saja. Partai pemerintah yang berkuasa memonopoli kehidupan politik dan partai-partai oposisi praktis lumpuh.

Kini semacam tumbuh kesadaran bahwa perjuangan rakyat biasa ternyata bisa menggulingkan rezim diktator kuat. Tunisia adalah sebuah contoh kasus. Gerakan rakyat tanpa payung partai dan tokoh sentral yang sarat ideologi bisa sukses mengobarkan intifada atau revolusi. Hal itu baru pertama kali terjadi di dunia Arab.

Sebelum ini semua gerakan intifada dan revolusi di dunia Arab dan Timur Tengah selalu digerakkan oleh partai, militer, atau tokoh yang mengusung ideologi tertentu, baik nasionalis, kiri (sosialis), maupun Islam (kanan). Lihat revolusi Mesir tahun 1952 yang digerakkan militer, revolusi Libya tahun 1969 oleh militer, revolusi Iran tahun 1979 yang digerakkan tokoh ulama Ayatollah Imam Khomeini, dan intifada Sudan tahun 1985 oleh militer.

Maka, kini muncullah Bouazizi-Bouazizi lain di sejumlah negara Arab. Di Mesir, misalnya, sudah terdapat tujuh kasus upaya percobaan bunuh diri dengan cara membakar diri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com