Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mie Kedondong, Nikmat Tanpa Pengawet

Kompas.com - 22/01/2011, 07:50 WIB

KOMPAS.com - Penjual mi yang bertahan hingga berpuluh tahun biasanya mampu mempertahankan kualitas hidangannya. Salah satu yang menerapkan itu adalah Mie Kedondong, depot mungil di Jalan Kedondong Lor I nomor 7C Surabaya yang setia menjamu pengunjungnya sejak 1977.

Mie bakso pangsit di Mie Kedondong sedap di lidah karena mi yang digunakan lunak tanda kesegaran. Menurut Ny Gunawan pemilik depot, mi dibuat dua kali setiap hari, pagi dan sore. Adapun depot di Kedondong Lor buka pukul 9.00-14.00 diselang istirahat dan kemudian buka kembali 16.00-21.30.

Karenanya, mi selalu segar. Selain itu, tidak ada bahan pengawet yang ditambahkan pada mi yang dibuat sendiri itu. Depot Mie Kedondong pun kini membuka cabang Di Jalan Kutai Surabaya dan Vila Bukit Mas Surabaya.

Pada mi bakso pangsit di Mie Kedondong, mi dilengkapi dua bakso berdiameter sekitar 2 cm, sebuah pangsit, sayur selada air, dan kuah kaldu. Baksonya enak, bukan hanya sagu, tetapi terasa berdaging dan garing. Pangsitnya juga membuat ketagihan karena adonan daging pangsit gurih dan cukup banyak.

Sebelum makan, sambil menanti mi pangsit bakso disiapkan, otak-otak ikan tenggiri bisa dikudap dengan saus kacang pedas manis. Otak-otaknya gurih dan sip banget di lidah.

Untuk pencuci mulut, saya memilih es siwalan - potongan siwalan atau lontar dipadu dengan sirup coco pandan. Segar dan manis. Membuat makan siang menjadi menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com