Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gembong Narkoba Tijuana Ditangkap

Kompas.com - 22/01/2011, 03:57 WIB

Tijuana, Jumat - Kepala sebuah kelompok perdagangan narkoba daerah Tijuana yang bekerja bagi kartel Sinaloa dan diduga terlibat dalam sekitar 50 aksi pembunuhan ditangkap militer Meksiko, menurut para pejabat hari Kamis (20/1).

Seorang gadis berusia 14 tahun yang diculik geng itu telah dibebaskan dalam penggerebekan tersebut, kata Julian Leyzaola, Deputi Menteri Urusan Keamanan Publik Negara Bagian Baja California, Meksiko.

Juan Miguel ”El Boxer” Valle Beltran ditangkap hari Rabu setelah terjadi tembak-menembak di kota pantai Playas de Rosarito, kata AD Meksiko. Dia ditangkap bersama dengan 13 anak buahnya.

Pihak tentara Meksiko mengatakan, salah seorang anak buah Valle Beltran tewas. Orang yang tewas itu tidak disebutkan namanya. Namun, Leyzaola mengungkapkan, mereka yang tertangkap mengatakan kepada para pejabat bahwa orang itu memenggal kepala orang-orang dari geng pesaing dan menggantung jenazah-jenazah mereka dari jembatan-jembatan.

Leyzaola mengatakan, Valle Beltran telah dihubungkan dengan sekitar 50 pembunuhan.

Kartel Sinaloa selama ini berusaha mendominasi perdagangan narkoba di Tijuana, kota perbatasan yang bersebelahan dengan San Diego, AS, sejak pemimpin geng Arellano Feliz ditangkap tahun 2006.

Kartel Sinaloa dipimpin Joaquin ”El Chapo” Guzman, yang menurut sebagian pengamat telah menjadi pemimpin kejahatan terorganisasi paling berkuasa di Meksiko.

Departemen Pertahanan Meksiko dalam sebuah pernyataan hari Kamis mengatakan telah menyita hampir 245 kilogram getah opium dengan nilai sekitar 12 juta dollar AS di Chilpancingi, kota yang jaraknya 105 kilometer sebelah timur laut resor Acapulco.

Sementara itu, di kota Meksiko timur laut, Guadalupe, orang- orang bersenjata dalam dua kendaraan SUV menghujani peluru ke sebuah mobil, menewaskan lima orang di dalamnya.

Menurut pihak berwenang, pembunuhan ini mungkin akibat dari perebutan tempat berjualan antarkelompok narkoba yang bersaing. (AP/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com