Gembong Narkoba Tijuana Ditangkap

Kompas.com - 22/01/2011, 03:57 WIB
Editor

Tijuana, Jumat - Kepala sebuah kelompok perdagangan narkoba daerah Tijuana yang bekerja bagi kartel Sinaloa dan diduga terlibat dalam sekitar 50 aksi pembunuhan ditangkap militer Meksiko, menurut para pejabat hari Kamis (20/1).

Seorang gadis berusia 14 tahun yang diculik geng itu telah dibebaskan dalam penggerebekan tersebut, kata Julian Leyzaola, Deputi Menteri Urusan Keamanan Publik Negara Bagian Baja California, Meksiko.

Juan Miguel ”El Boxer” Valle Beltran ditangkap hari Rabu setelah terjadi tembak-menembak di kota pantai Playas de Rosarito, kata AD Meksiko. Dia ditangkap bersama dengan 13 anak buahnya.

Pihak tentara Meksiko mengatakan, salah seorang anak buah Valle Beltran tewas. Orang yang tewas itu tidak disebutkan namanya. Namun, Leyzaola mengungkapkan, mereka yang tertangkap mengatakan kepada para pejabat bahwa orang itu memenggal kepala orang-orang dari geng pesaing dan menggantung jenazah-jenazah mereka dari jembatan-jembatan.

Leyzaola mengatakan, Valle Beltran telah dihubungkan dengan sekitar 50 pembunuhan.

Kartel Sinaloa selama ini berusaha mendominasi perdagangan narkoba di Tijuana, kota perbatasan yang bersebelahan dengan San Diego, AS, sejak pemimpin geng Arellano Feliz ditangkap tahun 2006.

Kartel Sinaloa dipimpin Joaquin ”El Chapo” Guzman, yang menurut sebagian pengamat telah menjadi pemimpin kejahatan terorganisasi paling berkuasa di Meksiko.

Departemen Pertahanan Meksiko dalam sebuah pernyataan hari Kamis mengatakan telah menyita hampir 245 kilogram getah opium dengan nilai sekitar 12 juta dollar AS di Chilpancingi, kota yang jaraknya 105 kilometer sebelah timur laut resor Acapulco.

Sementara itu, di kota Meksiko timur laut, Guadalupe, orang- orang bersenjata dalam dua kendaraan SUV menghujani peluru ke sebuah mobil, menewaskan lima orang di dalamnya.

Menurut pihak berwenang, pembunuhan ini mungkin akibat dari perebutan tempat berjualan antarkelompok narkoba yang bersaing. (AP/DI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.