Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondratyev Besok Jelajahi Antariksa

Kompas.com - 20/01/2011, 23:26 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Kosmonot Rusia, Dmitry Kondratyev, akan menjelajahi antariksa untuk pertama kalinya dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS), Jumat (21/1/2011).

Pada blognya, dia menjelaskan mengenai kegunaan pakaian antariksa bagi kosmonot selama bekerja di luar stasiun. Dia mengatakan, pakaian antariksa merupakan "pesawat antariksa yang berukuran kecil".

"Sistem pakaian antariksa memberikan persediaan oksigen dan membuang karbon monoksida serta mengatur suhu yang nyaman bagi kosmonot selain memiliki sebuah komunikasi radio," tulis Kondratyev.

Dalam penjelajahan antariksanya pada Jumat, Kondratyev akan ditemani kosmonot Rusia lain bernama Oleg Skripochka untuk memasang peralatan radio di bagian ISS milik Rusia dan sebuah kamera televisi pada salah satu ruang penelitian kecil milik Rusia yang terkait dengan ISS.

"Penjelajahan antariksa merupakan kegiatan besar dan penting dalam sebuah misi antariksa ISS. Oleh karena itu, persiapan bagi hal tersebut mendapat perhatian khusus dari stasiun bumi," kata Kondratyev.

Masa kerja ISS yang telah mengorbit selama 10 tahun akan berakhir pada 2015, tetapi saat ini para anggota program tersebut, yang terdiri dari Kanada, Uni Eropa, Jepang, Rusia, serta Amerika Serikat, sedang merundingkan upaya untuk memperpanjang masa operasi hingga 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com