Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Hanya Ekspor Setengah Juta Mobil

Kompas.com - 19/01/2011, 11:58 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - China boleh hebat -nomor satu - dalam produk dan penjualan mobil di dunia saat ini. Namun untuk ekspor dinilai paling rendah di antara negara produsen mobil besar dunia. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh China Association of Automobile Manufacturers (CAAM), dari jumlah kendaraan yang diproduksi 18,29 juta unit pada 2010, hanya 2,98 persen yang diekspor, yaitu 544.900 unit.

Kinerja tersebut dinilai media otomotif China, China Car Times mengecewakan. Pasalnya kalah dibandingkan dengan Jepang, Jerman dan Korea Selatan. Bahkan dibandingkan dengan negara berkembang yang dinilai di bawah China, yaitu India dan Brasil. .

Dibeberkan, pada 2010, Jerman mengekspor 4,24 juta unit atau 76,29 dari total produksinya. Sedangkan Jepang, dari Januari sampai November 2010 , mengekspor 4,37 unit. Selanjutnya Korea Selatan 2,77 juta unit. Sementara ekspor mobil India mantap kendati terjadi krisis keuangan dunia, yaitu pada tahun fiskal 2009-2010 (antara April dan Maret 2010), 1,8 juta atau tumbuh 17,90 persen.

Ekspor China pada 2010 terdiri dari mobil penumpang (sedan dan SUV) 282,900 unit dan kendaraan komersial 261.900 unit. Mobil penumpang tersebut nilainya mencapai 1,66 miliar dolar AS sementara komersial 4,75 miliar AS. Rinciannya, untuk mobil penumpang harga rata-rata 6.535 AS, sedangkan komersial 17.800 dolar AS.

Rendahnya ekspor produk China, karena berdasarkan hasil tes tabrak ADAC, kualitasnya dinilai rendah dan hasil kerja (kontrol kualitas) yang masih kurang. Kendati demikian, di Timur Tengah dan Afrika, mobil China dnilai mendapat sambutan   baik.

Tahun ini diperkirakan produsen China harus mencari pasar lebih besar lagi di luar negara tersebut. Pasalnya, kapasitas produksi yang berlebihan dan insentif untuk mobil bermesin 1,6 liter mulai dihilangkan.

Di Indonesia produknya China yang bertahan adalah Chery yang dipasarkan oleh kelompok Indomobil, Geely dan Foton di kategori komersial (Indomobil dan Moderen Group). Sebelumnya juga pernah diperkenalkan Great Wall dan berbagai merek lain. Namun sambutan dari konsumen Indonesia kurang begitu antusias kendati harga yang ditawarkan lebih rendah. Konsumen Indonesia, masih mengandalkan merek Jepang yang dibuat di Indonesia atau negara lainnnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com