Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Tangkap Pendiri Kartel Zetas

Kompas.com - 19/01/2011, 08:17 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Polisi Meksiko telah menahan seorang yang diduga pemimpin dan pendiri kelompok obat bius Zetas yang terkenal kejam di Meksiko selatan, kata kementerian keamanan masyarakat, Selasa.

Flavio Mendez, dijuluki "The Yellow One", adalah salah seorang pendiri kelompok itu dan berada dalam daftar 37 penjahat yang paling berbahaya di Meksiko. Pemerintah menawarkan hadiah 15 juta peso (atau sekitar satu juta euro) untuk kepalanya, kata Ramon Pequeno, Kepala Bagian Antinarkoba Kepolisian Federal Kota Meksiko.

Mendez, yang ditampilkan kepada wartawan Selasa, bertanggung jawab atas Zetas di Meksiko selatan, mengoordinasikan perdagangan obat bius dan imigran yang tak memiliki dokumen dari Amerika Tengah dan Selatan, kata Pequeno.

Zetas mulai sebagai paramiliter yang telah bekerja selama beberapa dasawarsa pada geng obat bius Teluk tahun 1990-an, yang sekarang justru menjadi saingan sengitnya. Kelompok itu terlibat dalam penculikan imigran, pemerasan, perampokan bahan bakar, dan bentrokan keras dengan  bekas majikan mereka dan kelompok lain di Meksiko timurlaut.

Sekitar 34.612 orang telah tewas sejak Presiden Felipe Calderon melancarkan tindakan keras terhadap geng-geng narkoba yang sangat kuat di negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com