Meksiko Tangkap Pendiri Kartel Zetas

Kompas.com - 19/01/2011, 08:17 WIB
EditorEgidius Patnistik

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Polisi Meksiko telah menahan seorang yang diduga pemimpin dan pendiri kelompok obat bius Zetas yang terkenal kejam di Meksiko selatan, kata kementerian keamanan masyarakat, Selasa.

Flavio Mendez, dijuluki "The Yellow One", adalah salah seorang pendiri kelompok itu dan berada dalam daftar 37 penjahat yang paling berbahaya di Meksiko. Pemerintah menawarkan hadiah 15 juta peso (atau sekitar satu juta euro) untuk kepalanya, kata Ramon Pequeno, Kepala Bagian Antinarkoba Kepolisian Federal Kota Meksiko.

Mendez, yang ditampilkan kepada wartawan Selasa, bertanggung jawab atas Zetas di Meksiko selatan, mengoordinasikan perdagangan obat bius dan imigran yang tak memiliki dokumen dari Amerika Tengah dan Selatan, kata Pequeno.

Zetas mulai sebagai paramiliter yang telah bekerja selama beberapa dasawarsa pada geng obat bius Teluk tahun 1990-an, yang sekarang justru menjadi saingan sengitnya. Kelompok itu terlibat dalam penculikan imigran, pemerasan, perampokan bahan bakar, dan bentrokan keras dengan  bekas majikan mereka dan kelompok lain di Meksiko timurlaut.

Sekitar 34.612 orang telah tewas sejak Presiden Felipe Calderon melancarkan tindakan keras terhadap geng-geng narkoba yang sangat kuat di negara itu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X