Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris dan Australia Kecam Israel

Kompas.com - 18/01/2011, 15:28 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Inggris dan Australia, Selasa, mendesak Israel menahan diri dalam membangun rumah di Tepi Barat dan menyerukan agar kembali ke perundingan langsung dengan Palestina.

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague mengatakan, proses perdamaian Timur Tengah telah dibicarakan dalam konferensi tingkat tinggi, Selasa (18/1/2011), dengan rekannya dari Australia, Kevin Rudd, dan dua menteri pertahanan, Liam Fox serta Stephen Smith. "Keyakinan kedua negara kami adalah kedua pihak (Palestina dan Israel) harus kembali ke perundingan langsung dan menahan diri dari tindakan yang dapat merusak kepercayaan, seperti pembangunan permukiman," kata Hague kepada wartawan.

Desakan itu menyusul seruan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon, Senin, kepada Israel untuk membekukan kegiatan permukiman di wilayah Palestina setelah media Israel melaporkan bahwa negara itu menyetujui pembangunan 1.400 rumah baru. Palestina menghentikan perundingan langsung dengan Israel yang didukung Amerika Serikat pada September lalu setelah Israel menolak memperpanjang masa moratarium pembangunan permukiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com