Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sup Tulang Khas Jambi, Empuk dan Lezat

Kompas.com - 16/01/2011, 11:19 WIB

KOMPAS.com — Malam-malam, hujan, belum makan pula, perut sudah keroncongan. Saat itu, Selasa malam minggu lalu, saya sedang berada di sekitar Puri Kembangan. Teman-teman mengajak makan, tapi belum tahu mau makan di mana. Kemudian salah satu teman saya mengusulkan untuk mencari makanan yang berkuah. Muncullah ide untuk makan sup khas Jambi. Akhirnya kami pergi ke daerah Ring Road Cengkareng, nama tempatnya cukup unik juga yaitu "Sop Tulang 10.000rp".

Nama yang cukup unik kan? Kenapa ya dinamakan "Sop Tulang 10.000rp?" Lalu saya dan teman-teman bertanya kepada pemiliknya yaitu Bapak Herwin, dan ternyata dahulu harga supnya memang di mulai dari harga Rp 10.000, tapi sebenarnya visinya kalau sup tulang beranak pinak pengennya bikin menu lezat dari daging sapi 10.000 rupa. Wow... banyak sekali.

Sup tulang ini khas daerah Jambi, kuahnya bening ditaburi daun bawang dan bawang goreng. Daging sapinya empuk dan terasa lezat, sebenarnya mirip sup iga. Menurut Pak Herwin, lam merebus daging kira-kira 4-5 jam, makanya daging bisa terasa empuk. Malam itu kami coba mencici sup tulang dan seporsi tulang bakar.

Daging pada tulang bakar sama empuknya dengan sup tulang. Menu tulang bakar ini ditambah dengan bumbu BBQ dan tentunya dagingnya dibakar. Ciri khas yang lain terletak pada nasinya. Jadi setiap kita order nasi, sudah ada bonusnya yaitu sambal tempe teri.

"Sop Tulang 10.000rp" buka pukul 10.30-22.00. Kalau Anda tinggal di daerah Taman Semanan, Kosambi dan sekitarnya, bisa delivery atau kalau memang Anda ingin langsung coba bisa langsung datang di Jl Ring Road, Cengkareng Ruko Inter Kota atau di cabangnya di Mal Ambasador. (Yudi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com