Jamaika Buka Bandara Ian Fleming

Kompas.com - 16/01/2011, 03:31 WIB
Editoryuli

KINGSTON, KOMPAS.com — Jamaika telah membuka sebuah bandar udara baru yang dinamai Ian Fleming, sama dengan nama pengarang novel-novel James Bond, yang menulis cerita spionase dan intriknya ketika tinggal di pulau Karibea itu.

Bandara Internasional Ian Fleming dibuka secara resmi pekan ini oleh Perdana Menteri Bruce Golding.

Terletak di pantai utara Jamaika dekat tempat peristirahatan Ocho Rios, bandara ketiga di pulau Karibea itu ditujukan untuk melayani wisatawan, menurut kantor informasi Jamaika (JIS).

Fleming menulis novel-novel James Bond terlarisnya -- seperti "From Russia with Love" dan "Dr. No" -- di Jamaika, menggunakan latar eksotis pulau itu di banyak isi ceritanya dan menyebut pulau itu sebagai "bekas milik Inggris paling tua dan paling romantis".

"Ian Fleming telah menyumbang Jamaika dan memberi Jamaika citra yang jauh lebih besar ketimbang dari lainnya yang mereka dapat, karena ini adalah tempat adrenalin mengalir, tempat kreativitas muncul yang memungkinkannya untuk menulis 13 novel James Bond," kata Golding dalam komentar yang dikutip oleh JIS.

Golding berterima kasih pada keluarga Fleming karena telah membolehkan pemerintah Jamaika untuk menggunakan nama itu.

Bandara itu, dibangun di tempat sebuah lapangan udara lama, tidak jauh dari perkebunan Goldeneye di Saint Mary Parish, tempat Fleming tinggal dan menulis pada 1950-an dan 1960-an. Ia meninggal pada 1964 di Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa film dari bukunya juga mencakup adegan-adegan yang diambil di Jamaika.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.