Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Israel Lakukan Razia Senjata

Kompas.com - 14/01/2011, 18:54 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com — Tentara  Israel mulai mengumpulkan senjata-senjata yang dikuasai para pemukim setelah wilayah Tepi Barat tenang dan ada kekhawatiran mereka mungkin menggunakannya terhadap warga Palestina, demikian diberitakan suatu surat kabar, Jumat (14/1/2011). Tindakan itu akan berdampak pada ratusan senjata yang diserahkan tentara kepada para pemukim pada awal intifadah kedua atau gerakan perlawanan rakyat Palestina, yang meletus September 2000, kata surat kabar Yediot Aharonot.

Tentara Israel tidak dapat segera mengonfirmasi berita yang menyatakan bahwa militer telah menginstruksikan tindakan itu kepada para personel keamanan di permukiman-permukiman dan sekitar kota Al Khalil (Hebron) di Tepi Barat Selatan. Menurut surat kabar itu, keputusan tersebut dibuat sehubungan dengan situasi keamanan yang membaik dalam dua tahun belakangan ini dan juga meningkatnya jumlah senjata yang dicuri dari permukiman-permukiman.

Namun, timbul kekhawatiran menyangkut para pemukim menggunakan undang-undang untuk kepentingan  mereka sendiri dan menembak setiap warga Palestina yang mereka anggap sebagai satu ancaman, kata surat kabar itu  tanpa mengutip satu sumber. Ketika senjata-senjata itu pertama kali diserahkan, satu senjata untuk setiap 10 pemukim. Namun, dalam praktiknya, lebih banyak senjata diserahkan, lanjut surat kabar itu.

Satu sumber militer mengemukakan kepada surat kabar tersebut bahwa operasi di Al Khalil akan diulang kembali di seluruh Tepi Barat. "Anda harus ingat bahwa dalam dua tahun terakhir ini situasi lebih tenang. Tetapi, jika kebutuhan meningkat, kami akan mengembalikan senjata itu kepada para pemukim, tetapi dengan pengawasan," kata sumber itu yang dikutip koran tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com