Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Togian Destinasi Wisata Unggulan Sulteng

Kompas.com - 14/01/2011, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sulawesi Tengah akan menjadi tuan rumah untuk dua acara nasional di tahun 2011. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Tengah Suaib Djafar mengatakan kedua acara tersebut adalah Pentas Pekan Cinta Sejarah dan Duta Wisata.

"Pentas Pekan Cinta Sejarah itu nanti isinya kegiatan wisata budaya, lokakarya, sampai seminar sejarah. Kegiatan selama seminggu dan dipencar di beberapa tempat seperti museum dan tempat wisata lainnya," kata Suaib kepada Kompas.com via telepon, Kamis (13/1/2011). Acara tersebut diagendakan akan berlangsung pada September 2011. Selain itu akan ada pameran pesona cagar budaya Sulawesi Tengah dan juga pameran batik nusantara.

Sementara itu, Suaib menjelaskan untuk acara Pemilihan Duta Wisata tahun 2010 bertempat di Kendari. Untuk ajang 2011, Palu menjadi kota penyelenggara. Finalis Duta Wisata datang dari berbagai provinsi di Indonesia. Menurut Suaib, nantinya muda-mudi ini selain mempromosikan wisata, mereka akan dibekali berbagai kegiatan.

"Kegiatannya seperti bagaimana cinta lingkungan, kepedulian pada pendidikan, sampai bersih-bersih pantai untuk menunjang destinasi," jelasnya.

Suaib kemudian menerangkan destinasi unggulan Sulawesi Tengah. Beberapa destinasi tersebut akan menjadi dipromosikan secara gencar di tahun 2011 hingga 2012.

"Destinasi unggulan kami adalah Togian. Diawali nanti di bulan juli ada festival," ungkap Suaib.

Nantinya Togian akan menjadi primadona Pekan Budaya Sulawesi Tengah dengan tema keindahan bawah air yang berorientasi pada wisata bahari. Suaib mengungkapkan Togian memang memiliki keindahan bawah laut yang memesona.

"Seperti Bunaken tapi ada spesifik khusus yang tidak ada di Bunaken. Di Togian memiliki keunikan berbeda pada biota laut dan terumbu karangnya. Di bawah laut ada pesawat tempur dari perang dunia yang karam di sana," paparnya.

Selain Togian, tambah Suaib, destinasi unggulan lainnya adalah Danau Poso dan Taman Nasional Lore Lindu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com