Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakso Kikil Pak Jaka

Kompas.com - 13/01/2011, 08:26 WIB

KOMPAS.com - Kami senang sekali lho wisata kuliner ke Bogor, menyusuri makanan di Jalan Surya Kencana. Dan tempat yang selalu kami kunjungi adalah Bakso Kikil Pak Jaka. Kalau Anda sedang jalan-jalan ke kota Bogor, tidak ada salahnya mencicipi Bakso Kikil yang enak ini. Lokasinya berada di Jalan Surya Kencana, dekat dengan Bank BCA. Pak Jaka sudah berjualan sejak tahun 1998, dan meskipun hanya berjualan di depan toko peralatan olah raga tetapi dagangannya selalu ramai dan sudah banyak sekali pelanggannya. Dan tidak sedikit juga pelanggannya yang datang dari Jakarta.

Ukuran baksonya kecil-kecil, dan kuahnya beningnya ditambahi dengan potongan-potongan kikil. Kalau tidak suka kikil juga bisa pesan tanpa kikil.  Sebenarnya saya kurang suka makan kikil, tapi suatu pengecualian di bakso kikil Pak Jaka ini he-he... Saya doyan makan kikil hanya di bakso Pak Jaka ini.  Saya suka banget baksonya, kikilnya juga enak, dan bumbu kuahnya pas. Apalagi di tambah dengan sambal, waaah mantap deh....

O iya satu lagi yang unik di bakso Pak Jaka, yaitu pangsit goreng. Biasanya kita makan pangsit kan dengan mi, tapi Pak Jaka mengkombinasikan makan bakso kikil dengan pangsit goreng. Nyam nyam... enak lho. Hmm.. Tapi terkadang saya suka kehabisan pangsitnya, wajar saja sih karena memang enak sekali pangsit gorengnya.

Pak Jaka berjualan dari jam 12 siang sampai malam, tapi kadang sore saja sudah habis, terutama kalau weekend tiba, habis diserbu oleh para pecinta kuliner Bogor dan Jakarta.

Berwisata kuliner di Bogor memang selalu menyenangkan, dengan udaranya yang sejuk dan seringnya turun hujan membuat perut ini jadi selalu lapar setiap kali datang ke kota Bogor. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com