Mooryati Serahkan Mustika Ratu pada Putrinya

Kompas.com - 12/01/2011, 11:57 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Setelah berkiprah selama 36 tahun mendirikan, merintis, dan mengenalkan PT Mustika Ratu hingga tingkat dunia, Dr BRA Mooryati Soedibyo menyerahkan pucuk pimpinan kepada Putri Kuswisnu Wardani, MBA. Putri, yang adalah puteri kedua Mooryati, pada awal 2011 secara resmi menjabat sebagai Presiden Direktur Mustika Ratu.

Perpindahan tongkat estafet pucuk kepemimpinan perusahaan keluarga ini diumumkan pada Rabu (12/1/2011), di Aula Sasono Wiwoho, kediaman Mooryati Soedibyo, Menteng, Jakarta. Dalam sambutannya, Mooryati mengatakan suksesi kepemimpinan menjadi awal perjalanan awal Mustika Ratu sebagai perusahaan keluarga.

"Pendiri hanya membuka dan merintis, inspiring," jelas Mooryati, yang menyampaikan harapan kepada penerusnya untuk mampu dan mau beradaptasi meneruskan perusahaan berskala global, yang dikenal di lebih dari 18 negara ini.

Masih dalam sambutannya, Mooryati berpesan kepada pemegang pucuk pimpinan baru. "CEO harus lebih bersemangat, tegar, memperkuat daya saing industri PT Mustika Ratu, menghadapi era globalisasi dengan perubahan cepat dan perdagangan tanpa batas," katanya.

Dengan harapan yang diyakini Mooryati mampu dijalankan Putri, produk Indonesia berbasis kekayaan aneka hayati, diharapkan mampu berkembang berkesinambungan, di dalam dan luar negeri. Semangat dan jiwa entrepreneurship dengan konsistensi, ketegaran, dan sikap pantang menyerah sepatutnya tetap dipertahankan di Mustika Ratu, jelas Mooryati di penghujung sambutannya.

Putri, yang dipersiapkan selama 25 tahun untuk akhirnya memegang tampuk kepemimpinan Mustika Ratu, kini memegang amanat yang disampaikan Mooryati. Bagi Mooryati, suksesi kepemimpinan berperan penting dalam keberhasilan perusahaan keluarga dalam jangka panjang. "Kinerja perusahaan sebesar 70-90 persen disebabkan karena kepemimpinan, dan hanya 10-30 persen yang disebabkan oleh sistem manajemen yang baik, kata Mooryati, yang genap 83 tahun pada 5 Januari lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X