Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank China Jual Yuan di AS

Kompas.com - 12/01/2011, 09:55 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank China teratas milik pemerintah mengizinkan nasabah AS untuk memperdagangkan yuan China. Hal ini merupakan langkah baru menuju internasionalisasi mata uang yang dikendalikan dengan ketat, Wall Street Journal melaporkan Selasa (11/1/2011).    

Seorang pejabat Bank of China cabang New York mengatakan langkah bank tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan pembebasan kendali terhadap yuan atau renminbi (RMB), yang secara ketat dikelola oleh Beijing. "Kami sedang mempersiapkan hari ketika renminbi dapat dipertukarkan sepenuhnya," kata manajer cabang Li Xiaojing kepada surat kabar itu.    

Li mengatakan bank itu ingin menjadi pusat kliring renminbi di Amerika.    

Beijing membuka batasan perdagangan yuan di Hong Kong pada Juli, dan sejumlah bank barat diizinkan berdagang dalam mata uang itu. Namun, langkah Bank of China akan menjadi yang pertama bagi bank BUMN untuk menawarkan fasilitas untuk perdagangan yuan di luar China.    

Komentar Li dikeluarkan sepekan sebelum Presiden China Hu Jintao dijadwalkan tiba di Washington untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Barack Obama.    

Tuduhan AS bahwa China mempertahankan yuan undervalue secara artifisial diperkirakan akan menjadi salah satu topik utama dalam diskusi antar-presiden itu.    

AS mengatakan yuan yang terlalu rendah nilainya merupakan akar ketidakseimbangan perdagangan bilateral yang sangat besar yang menguntungkan China.     Pada 6 Januari People’s Bank of China, bank sentral China, berjanji untuk meningkatkan fleksibilitas nilai tukar yuan sambil menjaganya pada tingkat yang masuk akal dan seimbang.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com