Bank China Jual Yuan di AS

Kompas.com - 12/01/2011, 09:55 WIB
EditorJosephus Primus

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank China teratas milik pemerintah mengizinkan nasabah AS untuk memperdagangkan yuan China. Hal ini merupakan langkah baru menuju internasionalisasi mata uang yang dikendalikan dengan ketat, Wall Street Journal melaporkan Selasa (11/1/2011).    

Seorang pejabat Bank of China cabang New York mengatakan langkah bank tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan pembebasan kendali terhadap yuan atau renminbi (RMB), yang secara ketat dikelola oleh Beijing. "Kami sedang mempersiapkan hari ketika renminbi dapat dipertukarkan sepenuhnya," kata manajer cabang Li Xiaojing kepada surat kabar itu.    

Li mengatakan bank itu ingin menjadi pusat kliring renminbi di Amerika.    

Beijing membuka batasan perdagangan yuan di Hong Kong pada Juli, dan sejumlah bank barat diizinkan berdagang dalam mata uang itu. Namun, langkah Bank of China akan menjadi yang pertama bagi bank BUMN untuk menawarkan fasilitas untuk perdagangan yuan di luar China.    

Komentar Li dikeluarkan sepekan sebelum Presiden China Hu Jintao dijadwalkan tiba di Washington untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Barack Obama.    

Tuduhan AS bahwa China mempertahankan yuan undervalue secara artifisial diperkirakan akan menjadi salah satu topik utama dalam diskusi antar-presiden itu.    

AS mengatakan yuan yang terlalu rendah nilainya merupakan akar ketidakseimbangan perdagangan bilateral yang sangat besar yang menguntungkan China.     Pada 6 Januari People’s Bank of China, bank sentral China, berjanji untuk meningkatkan fleksibilitas nilai tukar yuan sambil menjaganya pada tingkat yang masuk akal dan seimbang.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X